Sabtu, 09 Desember 2017

PENGARUH KEDALAMAN TANAM TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT


PENGARUH KEDALAMAN TANAM TERHADAP
PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT

       I.        
Perkecambahan Merupakan permulaan proses tumbuhnya embrio yang sebelumnya dalam keadaan istirahat. Biji akan berkecambah apabila syarat yang dibutuhkan untuk perkecambahan terpenuhi. Meskipun demikian perkecambahan biji tersebut sering kali mengalami hambatan yang disebabkan oleh baik factor dalam (keadaanbijiitusendiri) maupun fakto rluar (antara lain adanya air, O2, cahaya, suhu) yang tidak sesuai.
Tanah Merupakan suatu sistem komplek yang terdiri dari 4 komponen :batu-batuan (mineral) bahanorganik, air, danzat yang larut serta, jumlah di dalam tanah sangat bervariasi. Begitu juga keadaan udaranya. Dimana keadaan ini dapat dikatakan berlebihan dengan keadaan udara. Berbeda dengan keadaan udara didalam tanah, komposisi udara didalam tanah bervariasi. Makin kedalam kandungan O2 makin rendah, sedangkan kandungan CO2 semakin tinggi. Kekurangan O2 didalam tanah ini tidak dapat diganti dengan segera karena berada diruang sinabung. Disamping itu didalamtanah bermacam-macam organisme seperti misalnya :bakteri, jamur, cacing, dll, kesemuanya ini baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkecambahan benih dan pertumbuhan biji terancam.
Perkecambahan yang berhasil baik biasanya terjadi hanya pada kedalaman tanah tertentu. Beberapa jenis tanaman tertentu mampu untuk timbul apabila mereka berkecambah pada permukaan tanah, tetapi sebagai pedoman ialah biji-biji tanaman tersebut sebaiknya ditutup dengan tanah untuk menyesuaikan dengan keadaan sekitarnya dan mencegah gangguan binatang. Penanaman benih yang terlalu dalam menyebabkan bibit yang tumbuh dalam keadaan lemah.



    I
 Persiapan
a.      Bahan :
o   Biji kacang hijau
b.      Alat :
o   Cetok
o   Penggaris
o   Timbangan
o   Ember
o   Polibag/pot tanah yang diameternya sama
 IV.            Cara Kerja
1.      Isilah pot-pot dengan tanah yang sama bertanya dan ratakan/kurang lebih 2 cm didalam permukaan pot.
2.      Basahitanahtersebutdengan air hinggakapasitaslapang.
3.      Tanamkan biji crop yang sudah disediakan tersebut dengan kedalaman yang sudah ditentukan yaitu :1 cm, 5 cm, dan 10 cm dari permukaan tanah.
4.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar